Pages

Rabu, 25 Februari 2015

MEDEX FK UII 2015


GAIN KNOWLEDGE, WELL PLANNED, FOR A GLORIOUS FUTURE
M edical Expo (MEDEX) FK UII 2015 merupakan sebuah acara yang diselenggarakan departemen Pendidikan dan Profesi (Pendpro) LEM FK UII. Acara Medical Expo pertama di FK UII ini berlangsung di Auditorium Kahar Muzakir Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta pada hari Sabtu, 31 Januari 2015 dan dihadiri lebih dari dua ratus peserta yang terdiri atas siswa/i SMA/sederajat se-Yogyakarta, mahasiswa, dosen, karyawan serta perwakilan dari berbagai instansi kesehatan. Teguh Sulistiyanto, selaku ketua acara MEDEX FK UII 2015 mengutarakan bahwa tema yang diusung pada acara tersebut adalah Gain Knowledge, Well Planned, For a Glorious Future yang memiliki makna bahwa acara ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang fakultas kedokteran mulai dari fasilitas hingga sistem pembelajaran kepada para peserta SMA/sederajat yang berminat melanjutkan pendidikan ke-FK pada khusunya, terutama dengan diadakannya kegiatan tour de medica. Acara ini memiliki konsep yang berbeda dengan program Pendpro LEM FK UII tahun sebelumnya, Pancreas, yang hanya mengadakan lomba, namun peserta acara tetap diprioritaskan untuk siswa SMA/sederajat. Pada acara MEDEX FK UII 2015, diadakan beberapa acara seperti talkshow dengan mengangkat tema Bipolar yang diikuti oleh siswa-siswa SMA dan umum. Tema Bipolar untuk acara talkshow dipilih karena gangguan kejiwaan yang satu ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan di berbagai media sehingga cocok untuk dibahas dari akar sampai ujungnya. Acara lainnya yaitu Tour de Medica yang diikuti oleh para peserta SMA/sederajat. Selain itu juga diadakan acara baazar dengan berbagai stand menarik mulai dari makanan, minuman, hingga pakaian.

Salah satu peserta terbaik dalam acara ini, Aditya Rahmat Z, mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat dan perlu diadakan lagi tahun depan karena dapat memberikan ilmu yang bermanfaat baik dari talkshow maupun tour de medica. Dia juga menambahkan bahwa dengan adanya acara seperti ini peserta mendapatkan bayangan tentang kehidupan di fakulas kedokteran.

MEDEX FK UII 2015 menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya yaitu Ahmad Aulia Ghufron, yup, dia adalah vokalis band Javablanca. Pada acara talkshow, mas Gufron menceritakan pengalamannya sebagai seorang mahasiswa kedokteran sekaligus seorang entertainer. Kemudian ada psikolog Libbie Anatagia S.Psi., M, Psi dan psikiater Prof. Dr. dr. H. Soewadi MPH, SP. Kj (K), yang memberikan pemahaman kepada peserta tentang gangguan Bipolar, mulai dari tahapan, faktor yang memengaruhi, sampai cara mengatasinya. Selain itu ada R.Y. Kusumaningtyas yang merupakan seorang penyandang bipolar yang telah menulis beberapa buku tentang kehidupannya menjadi penyandang bipolar. Sebagai narasumber, mbak Yuyun, sapaan akrab R.Y. Kusumaningtyas, menceritakan bagaimana cara untuk bangkit setelah divonis terkena Bipolar dan bisa bias menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Ibu Libbie Anatagia S.Psi., M, Psi dan R.Y. Kusumaningtyas mengaku senang dapat menjadi narasumber pada acara ini. Menurut ibu Libbie, acara ini sangat positif karena dapat memberikan edukasi tentang gangguan kejiwaan bipolar dan menjadi sarana yang baik untuk memperkenalkan kampus UII kepada masyarakat. Kedua pemateri ini juga menyampaikan bahwa secara umum acara ini berjalan lancar, panitianya baik dan pemilihan tema materinya bagus. Saran dari kedua pemateri untuk kedepannya akan lebih baik jika acara semacam ini dilanjutkan dengan mengusung tema baru yang sedang hangat diperbincangkan, kemudian memberikan waktu lebih lama untuk diskusi interaktif agar terjalin kontak dengan audience, sehingga diskusi tidak hanya satu arah saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Wadah Penyaluran Inspirasi | Gedung Costa Jalan Kaliurang KM 14 Yogyakarta