Pages

Rabu, 10 Juni 2015

jangan makan sambil berdiri


Dari Anas R.A dari Nabi Muhamad SAW : ‘sesungguhnya Nabi melarang  seseorang makan dengan berdiri.” Qatadah (seorang tabi’iin) berkata : “kami bertanya kepadda Anas, “bagaimana dengan makan sambil berdiri?” Anas menjawab “yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.” (HR. Muslim).
Islam telah melarang makan sambil berdiri dan sekarang banyak dibuktikan bahwa makan dengan berdiri meningkatkan risiko diabetes dan obesitas (penelitian PLOS ONE 2013). Jadi, orang yang makan sambil berdiri akan dianalogiakan dengan orang yang makan cepat karena ketika makan sambil berdiri kecenderungan untuk mencerna makanan di mulut kurang maksimal, dalam penelitian tersebut dibuktikan bahwa orang yang makan dengan cepat akan meningkatkan jumlah kalori yang akan ditimbun di dalam tubuh, hal semacam ini akan mempengaruhi jumlah cadangan makanan yang disimpan. Kita tahu bahwa sistem penyimpanan menggunakan lemak dan imbasnya pada seseorang yang makan dengan cepat akan meningkatkan risiko kegemukan.
Ketika seseorang makan dengan duduk dan pelahan, asupan makanan akan terkontrol. itu artinya jumlah kalori yang masuk dan jumlah glukosa darah dapat dikendalikan dengan baik, situasi inilah yang menurunkan risiko diabetes khususnya DM tipe II, diabetes karena kesalahan pola hidup.

Jadi, masih mau makan sambil berdiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Wadah Penyaluran Inspirasi | Gedung Costa Jalan Kaliurang KM 14 Yogyakarta