Pages

Sabtu, 04 Juli 2015

GERAKAN FAKULTAS KEDOKTERAN MENGAJAR

Permasalahan kesehatan di Indonesia tiada habisnya bila dibahas satu demi satu. Salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia adalah mengenai Non Communicable Disease (NCD) yaitu penyakit-penyakit tidak menular. Menurut World Health Organization (WHO), NCD adalah penyebab kematian terbesar di seluruh dunia, yang mengakibatkan lebih dari 36 juta angka kematian di tahun 2008. Bahkan dua dari tiga angka kematian di dunia disebabkan oleh NCD. 



Asia Tenggara juga menghadapi epidemik NCD, yang mengakibatkan 2,5 juta kematian setiap tahunnya dan bertanggung jawab atas 60% kematian di wilayah tersebut. Sebagai akibat dari meningkatnya NCD, kematian yang disebabkan oleh NCD diperkirakan akan terus meningkat di seluruh dunia.
Yogyakarta merupakan salah satu provinsi Republik Indonesia yang terletak di Pulau Jawa dengan populasi yang cukup padat. Berdasarkan data kependudukan menurut Badan Pusat Statistik DIY, pada tahun 2012 penduduk Yogyakarta sejumlah 3.514.762 jiwa. Dengan angka sejumlah tersebut kita dapat mengetahui ada sekian ratus ribu jiwa mengidap NCD dan berpeluang meninggal akibat NCD. Oleh karena itu, perlu saatnya kita semua sebagai anak muda Indonesia untuk mulai bergerak dan bersiap dalam menghadapi Post Agenda 2015 mengenai NCD.



Di Indonesia, ada 62 juta jiwa anak muda yang sudah selayaknya diberikan edukasi mengenai NCD untuk menghindari dan menghadapi penyakit-penyakit tidak menular seperti hipertensi, obesitas, dan diabetes mellitus. DI Yogyakarta sendiri pada kelompok usia 10 – 19 tahun terdapat 431.300 jiwa. FK UII yang berlokasi di Yogyakarta memanfaatkan moment dan kesempatan ini untuk mulai bergerak dan bermitra dengan anak-anak muda Yogyakarta di Sekolah Menengan Atas UII. Diharapkan kedepannya dapat membangun generasi Indonesia siaga NCD 2020 dan mewujudkan 9 Target NCD dari World Health Organization.


Bentuk Kegiatan
            Menggunakan metode kuliah diskusi, dimana para peserta didik diberikan materi oleh dua orang pengajar, lalu dibentuk kelompok-kelompok diskusi kecil yang terdiri dari 5-7 anak dengan 2 orang mentor pembimbing. Lalu diberikan suatu kasus untuk dipecahkan bersama, selain itu diajak pula para peserta melakukan latihan keterampilan dengan alat-alat kesehatan. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan, diberikan pretest dan posttest. Selain itu, para peserta diberikan buku kendali untuk diisi dirumah.


Pelaksanaan

            Lokasi kegiatan bertempat di SMA Muhammadiyah 1, dengan jumlah peserta 44 siswa yang sebagian tergabung dalam komunitas anti narkoba di sekolah tersebut. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 1 Juni 2015 dengan mengambil materi mengenai Hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About

Wadah Penyaluran Inspirasi | Gedung Costa Jalan Kaliurang KM 14 Yogyakarta